SELAMAT ULANG TAHUN KABUPATEN MANOKWARI SELATAN YANG KE-4, 16 NOVEMBER 2016

Pameran Hasil Kerajinan Semarakkan HUT Mansel

Menyambut HUT Kabupaten Manokwari Selatan ke 4 tahun, ibu-ibu PKK Kabupaten Manokwari Selatan menggelar Pameran Kerajinan, di halaman kantor bupati Manokwari Selatan. Pameran selain untuk menyemarakkan hari jadi Mansel, juga semaligus  untuk mengenalkan hasil kerajinan “mama-mama” di Mansel kepada masyarakat luas.

Ketua PKK  Distrik Ransiki, Yohana Dimara mengatakan, berbagai kerajian tangan di pamerkan dalam pameran ini, seperti sepatu berbahan benang, tempat lilin berbahan kerang laut, dompet plastik berbahan limbah bekas,   pot bunga, tas dan dompet berbahan plastik bekas. Ada juga pakaian jadi, hasil jahitan mama-mama Papua, juga ada makanan ringan, seperti krupuk daun, dodol dan masih banyak lagi.

“Semua ini hasil kerajinan dari ibu-ibu yang dibina oleh PKK Distrik,” jelas Yohana, yang mengaku pameran ini baru pertama kali digelar untuk memamerkan hasil kerajinan binaan PKK di daerah ini.

Yohana berharap pameran tersebut bisa berlanjut ke ivel-iven resmi pemerintah daerah, sehingga hasil kerajian asli Mansel akan semakin dikenal oleh masyarakat luas. Untuk bisa membantu mama-mama Papua yang sudah menekuni kerajinan tersebut, ia meminta pemerintah daerah dapat membantu menyediakan pondok jualan, agar dapat dijual bebas kepada masyarakat.

“Misalnya saja, kalau ada tamu yang datang ke Mansel, mau cari oleh-oleh khas Mansel, tidak lagi kesulitan, karena pasar sudah siapkan. Ini coba ditangkap oleh dinas terkait,” katanya.

Pameran ini atas inisiatif PKK Mansel, yang melibatkan PKK di masing-masing distrik. Pameran yang berlangsung tiga hari itu cukup menyedot perhatian warga Mansel dan sekitarnya.

Sebelumnya, Bupati Manokwari Selatan Markus Waran  mengaku akan memproteksi kelompok ibu-ibu yang ada di kampung untuk didorong sesuai dengan arah kearifan masing-masing.

Selanjutnya pemerintah daerah juga akan menyiapkan stan-stan khusus untuk mempromosikan semua kerajinan tangan yang dibuat oleh masyarakat. (Kominfo Mansel)