SELAMAT ULANG TAHUN KABUPATEN MANOKWARI SELATAN YANG KE 5.

Didampingi Wabup, Bupati Resmikan Masjid Al-Hidayah Abreso

Bupati Manokwari Selatan Markus Waran, Rabu (11/1/2017) meresmikan Masjid Al-Hidayah Abreso, yang terletak di Kampung Abreso, Distrik Ransiki.

Didampingi Wakilnya Wempi Welly Rengkung serta Plt Sekda Mansel Costan Mampioper, dan disaksikan Ketua MUI Mansel, Mohammad Irwanto, LO Polres Mansel AKBP. Yohanis Panyuwa, Wakil Ketua I DPRD Mansel Yohanis Bieth, serta Donatur (Motor Penggerak Pembangunan Masjid) tersebut, H. Nurjaya, Bupati Markus Waran melakukan pengguntingan pita pertanda diresmikannya bangunan yang dibangun sejak 3 Februari 2016 tersebut.

Usai melakukan pengguntingan pita pintu masuk masjid, giliran Wakil Bupati Wempi Welly Rengkung yang mendapat kesempatan untuk membuka pintu utama masjid. Didampingi panitia pembangunan masjid, bupati dan wakil menyempatkan diri untuk melihat-lihat bangunan masjid tersebut.Dengan ditingkatkannya masjid yang sebelumnya adalah Mussola ini, maka untuk wilayah Ransiki telah berdiri dua masjid.

Sebelum meresmikan masjid tersebut, bupati dalam sambutannya berharap agar kedepan Masjid Al-Hidayah ini dapat dimanfaatkan dengan baik, tidak hanya sebagai tempat pelaksanaan ibadah, namun juga sebagai pusat transpormasi keilmuan, kesolehan pribadi maupun kesolehan sosial.

Manfaat fungsionalisasi masjid seperti pemberdayaan jemaah, dalam rangka menjawab persoalan umat Muslim adalah fungsi terpenting bagi masjid itu sendiri.

Potensi umat baik itu spiritual maupun material, yang sifatnya produktif, dan edukatif, dan Lil’Alamin juga dapat digali melalui sarana ini. “Dan juga menghilangkan sifat konsustif, propokatif dan ekstrimis yang sesat dan sifatnya menyesatkan, agar selalu tercipta suasana yang harmonis dan dinamis,” terang bupati.

Melalui sarana ini, bupati juga berharap agar segenap umat yang ada, dapat mendukung program pemerintah daerah yang telah dituangkan di dalam visi dan misi yakni meningkatkan kualitas toleransi kehidupan beragama, meningkatkan kulaitas sumber daya manusia dalam bidang keagamaan.

Bupati juga mengaku akan terus meningkatkan pembangunan sarana dan prasarana rumah ibadah, meningkatkan kesejahteraan hambah Tuhan, baik itu pendeta atau guru penginjil, pastor, imam masjid dan guru mengaji.

Pengguntingan pita papan nama masjid sebagai tanda diresmikannya Masjid tersebut oleh Bupati Mansel, Markus Waran

Pengguntingan pita papan nama masjid sebagai tanda diresmikannya Masjid tersebut oleh Bupati Mansel, Markus Waran

“Kita akan jalankan melalui wisata rohani, melalui bantuan sosial, rumah sosial, maupun melalui kegiatan lainnya,” tambah bupati.

Hadir pula dalam peresmian ini, Ketua LPTQ Kabupaten Mansel, Syahrial, Kapolsek Ransiki, perwakilan dari Danramil Ransiki, sejumlah kepala SKPD di lingkup Pemda Manokwari Selatan serta ratusan umat Muslim. (Kominfo Mansel)