SELAMAT ULANG TAHUN KABUPATEN MANOKWARI SELATAN YANG KE 5.

Bandara Abreso Dalam Tahap Perencanaan

Upaya Pemerintah Kabupaten Manokwari Selatan yang mendapat dukungan penuh dari masyarakat untuk menjadikan Bandara Abreso Ransiki sebagai bandara internasional di Provinsi Papua Barat, terus dilakukan. Setelah tahun 2016 lalu dilakukan serah terima lahan dari pemilik hak ulayat kepada Pemerintah Kabupaten Manokwari Selatan untuk diserahkan kepada Kantor Otoritas Bandara Wilayah 9.

Selanjutnya, tahun 2017 dilakukan tahap pembuatan master plant dan Amdal (Analisis Dampak Lingkungan). “Amdal rencana  kita kerjakan pertengahan tahun ini, setelah master plant-nya jadi. Master plant sedang dalam tahap survei,” ungkap Yus Srimaryoso, Kepala Dinas Perhubungan Mansel.

Saat ini Bandara Abreso tengah dipersiapan untuk dibuka kembali untuk didarati pesawat perintis, jenis Susi Air. “Sudah masuk tahap pengerasan landasan bandara, dengan panjang 650 meter, lebar 350 meter.   Tahap pengerasan diperkirakan selesai Maret. Selanjutnya akan dilakukan uji landasan,“ ungkap Yus, biasa ia disapa. Selain pengerasan, dipersiapkan juga alat navigasi dan alat pemadam kebakaran.

Selain dukungan anggaran dari pemerintah kabupaten, tahun ini juga ada bantuan dari Pemerintah Provinsi Papua Barat senilai Rp 10 miliar. Anggaran tersebut akan digunakan untuk pembangunan pagar di area yang berdekatan dengan pemukiman warga. (Kominfo Mansel)

Yus Srimaryoso