SELAMAT ULANG TAHUN KABUPATEN MANOKWARI SELATAN YANG KE 5.

Lagi, Bupati Ingatkan Gunakan Dana Desa Sesuai Juklak

Bupati Manokwari Selatan Markus Waran  kembali mengingatkan para kepala kampung sebagai penanggungjawab Dana Desa (kampung), untuk dapat mengggunakan dana tersebut secara baik, sesuai petunjuk yang telah ada.

Baru-baru ini seluruh bupati di Indonesia telah menerima surat dari KPK, yang meminta agar dana tersebut dapat digunakan sesuai  juklak dana desa. Surat tersebut juga sudah dilanjutkan ke kepala distrik untuk diteruskan ke kepala kampung.

“Artinya gunakan sesuai petunjuk penggunaan, penganggaran, peruntukan yang ada di buku Undang-undang Desa. Karena apabila salah digunakan, dan ada temuan, maka tidak akan ada toleransi,” ungkap bupati dihadapan masyarakat dan kepala kampung di kantor Distrik Neney, 14 Februari lalu, ketika melakukan kunjangan kerja ke distrik itu.

Bupati minta kepada Kepala Kampung untuk menyusun program lewat musrembang kampung. Masyarakat diminta mematuhi usulan yang disampaikan lewat musrembang, jangan sampai ada yang memaksakan kehendaknya terkait usulan kegiatan yang akan dijalankan.

“Di luar sana sudah ada beberapa kepala kampung yang masuk penjara gara-gara dana desa. Saya tidak mau itu terjadi di Mansel. Makanya saya ingatkan,” kata bupati perpesan.

Bupati juga menegaskan, dengan adanya dana desa yang terus meningkat jumlahnya tiap kampong, maka masyarakat diminta untuk tidak lagi memasukkkan proposal bantuan kepada pemerintah daerah, karena lewat dana desa bisa dimasukkan untuk pembinaan keagamaan.

Dalam pelaporan dana kampung, bupati minta masyarakat dapat belajar menyusun laporan pertanggungjawaban secara baik. Bila mendapat kendala, dapat melakukan koordinasi dengan pendamping dana desa atau instansi terkait yang mengurusi dana tersebut. (Kominfo Mansel)

Bupati Markus Waran disambut warga Neney

Bupati Markus Waran disambut warga Neney.