SELAMAT ULANG TAHUN KABUPATEN MANOKWARI SELATAN YANG KE 5.

Pemkab Mansel Sambut Rencana Pembangunan Rel Kereta Api

Manselkab.go.id– Pemerintah Kabupaten Manokwari Selatan menyambut baik rencana pembangunan rel kereta api maupun stasiun di daerah itu. Bupati Mansel, Markus Waran saat berada di Hamawi mengakui, Manokwari Selatan akan dilewati jalur kereta api. Dan di Distrik Ransiki akan berdiri sebuah stasiun. Lokasi yang disiapkan untuk stasiun di daerah Kemiri.

Kepala Seksi Lingkungan Perhubungan pada Dinas Perhubungan Provinsi Papua Barat, Eri Nunaki yang ditemui menjelaskan, saat ini mereka turun ke kabupaten/kota untuk meminta rekomendasi ke daerah-daerah yang akan dilalui jalur Kereta Api. Setelah mendapatkan rekomendasi itu, selanjutnya akan mereka bawah ke Kementrian Perhubungan. “Karena hampir seluruh daerah yang menjadi persoalan adalah tanah. Jadi kita masih fokus ke situ,” jelas Eri.

Rekomendasi itu akan diminta ke Kabupaten Sorong, Kota Sorong, Sorong Selatan, Teluk Bintuni, Manokwari Selatan dan Manokwari. “Ada beberapa daerah lagi di Sorong, tapi masih akan dievaluasi. Intinya kami masih mencari rekomendasi. Dan pastinya akan lewat jalur Selatan,” ungkap Eri      

Setelah memperoleh rekomendasi, pemerintah provinsi dalam hal ini dinas Perhubungan Provinsi tinggal menunggu langkah selanjutnya dari Departemen Perhubungan. Karena menurutnya, daerah hanya dibebankan untuk mendapatkan rekomendasi dari kabupaten/kota.   “Secara infrastruktur akan dibangun lewat APBN, sesuai Nawacita Bapak Jokowi, 2019 sudah harus jalan,” ujarnya. (Kominfo Mansel)