SELAMAT ULANG TAHUN KABUPATEN MANOKWARI SELATAN YANG KE 5.

Kemarin Pemerintah Distrik Momiwaren Gelar Musrenbang

Untuk mendapatkan masukan mengenai kegiatan prioritas pembangunan di Distrik Momiwaren, Rabu (8/3/2017) berlangsung Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Distrik Momiwaren. Sehari sebelumnya, juga digelar kegiatan yang sama di Distrik Ransiki.

Kegiatan yang berlangsung di kantor distrik itu dihadiri sejumlah anggota DPRD, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Distrik, Kepala Kampung dan sejumlah tokoh masyarakat.

Kepala Dinas Pendidikan Simson Aronggear yang mewakil  bupati menjelaskan, kegiatan Musrenbang merupakan agenda terstruktur yang dilaksanakan mulai dari tingkat kampung, tingkat distrik dan berlanjut ke tingkat kabupaten.

Tujuannya, kata Simson, agar apa yang menjadi kebutuhan utama masyarakat, agar dapat diusulkan lewat forum tersebut. “Karena semua kegiatan ada keterkaitan satu sama lainnya. Misalnya terkait pendidikan, mutu yang rendah dikaitkan dengan sarana dan lain sebagainya. Sehingga lewat kegiatan ini bisa ditemukan solusi yang tepat,” jelasnya.

Lanjut Simson, hanya dengan metode ini secara berjenjang kegiatan ini dapat tercapai. Kegiatan yang tidak dapat didanai oleh daerah, bisa sampai ke tingkat pusat. Karena sisten sekarang ini sudah on-line, bukan lagi manual. Jadi data yang diusulkan tersebut, harus akurat dan benar, sehingga sistem yang dilaporkan tersebut dapat ddiakomodir di pusat.

Sementara itu, Sekretaris Distrik Momiwaren Hendrikus Betai yang mewakili Kadistriknya, mengatakan, usulan yang ada di Bappeda belum mewakili apa yang diharapkan masyarakat, sehingga dibutuhkan musyawarah ini untuk kembali dibahas secara bersama.

Forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan di tingkat distrik ini dilakukan untuk mendapat masukan mengenai kegiatan prioritas pembangunan di wilayah Momiwaren yang didasari dari hasil  musyawarah di tingkat kampung. Hasil dari musrembang ini akan dibawah ke musrenbang tingkat kabupaten pada 15 Maret mendatang. Masukan ini akan diajukan kepada SKPD yang berwenang sebagai dasar penyusunan rencana kerja SKPD pada tahun berikutnya. (Bus/Kominfo Mansel)

Musrenbang Distrik Momiwaren.

Musrenbang Distrik Momiwaren.