Mengucapan Selamat Lebaran Idul Fitri 1438 H, Minal Aidin Walfaizin Mohon Maaf Lahir Batin

Buka Musrenbang, Bupati : Ini Forum Percepatan Pembangunan yang Ideal

Bupati Manokwari Selatan Markus Waran, Jumat (17/3/2017) siang di Oransbari membuka Musrenbang (Musyawarah Rencana Pembangunan) Kabupaten Manokwari Selatan. Musrenbang yang digelar di Rumah Makan Otawar ini, dihadiri Wakil Bupati Wempi Welly Rengkung, anggota DPRD Mansel, pimpinan SKPD, usur TNI/Polri dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Bupati mengatakan, Musrenbang merupakan amanat UU Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional. Merupakan rangkaian proses perencanaan partisipatif  berjenjang, yang dimulai dari tingkat kampung, distrik, kabupaten, provinsi hingga tingkat Nasional.

“Hal yang ingin dicapai dalam Musrenbang, adanya upaya-upaya percepatan dalam mencapai visi Pemerintah Kabupaten Manokwari Selatan, yakni mewujudkan Manokwari Selatan yang Maju, Mandiri, Bermartabat dan Lestari,” jelasnya.

Sehingga forum Musrenbang ini sangat penting dan menjadi strategis dalam perencanaan pembangunan secara ideal. “Melalui musrembang ini diharapkan dapat mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan publik, pemberdayaan masyarakat, peningkatan peran serta masyarakat dan daya saing daerah,” bupati mengatakan.

Untuk menjamin sinergitas program pembangunaan nasional dan daerah, menurutnya, perlu dilakukan penyusunan rencana kerja tahun 2018, yang sudah seharusnya berdasarkan arah kebijakan pembangunan daerah, sasaran pokok rencana pembangunan jangka menengah daerah, dengan memperhatikan skala prioritas yang mengacu pada rencana tata ruang wilayah.

“Musrenbang memang belum sempurna dalam aplikasinya secara total, tetapi hal-hal yang sudah dimulai dan dirintis dan berdimensi jangka menengah telah ada saat ini. Baik pada dimensi ekonomi, pembangunan, pemerintahan maupun sosial budaya, maka hendaknya dicari penguatan oleh tiap SKPD secara lebih kreatif dan inovatif dan saling mengisi,”  ujar bupati. (Bus/Kominfo Mansel)

Pembukaan MUsrenbang Kabupaten Manokwari Selatan di Oransbari.

Pembukaan Musrenbang Kabupaten Manokwari Selatan di Oransbari.