SELAMAT DATANG DI WEBSITE PEMERINTAH KABUPATEN MANOKWARI SELATAN

Butuh Kerja Sama Pemda dengan IPDN

Kepala Suku Hatam wilayah I Manokwari Selatan, Bernad Mandacan meminta Pemerintah Kabupaten Manokwari Selatan untuk mulai mempersiapkan generasi-generasi yang siap diikutkan dalam tes-tes penerimaan masuk perguruan tinggi, semisal tes IPDN (Insitut Pemerintahan Dalam Negeri). “Masa kita selalu kecolongan. Masa daerah-daerah lain ada yang lulus tes IPDN, kami dari Mansel sama sekali tidak ada,” kata Bernad.

Menurut dia, hal ini masih menjadi pertanyaan, apakah memang anak-anak di Mansel tidak mampu mengikuti pendidikan tersebut, ataukah memang ada kelemahan lain. “Ini perlu dievaluasi,” katanya.

Kata Bernad, Kabupaten Manokwari Selatan untuk tahun ini kembali menerima Praktek Lapangan (PL) dari IPDN Kampus Papua. Ini kali kedua dilakukan PL di daerah ini. “Seharusnya dengan adanya hubungan baik ini, dapat memberikan kesempatan kepada putra putri di Mansel untuk dapat melanjutkan pendidikan di kampus IPDN,” jelasnya.

“Mungkin perlu ada kerja sama, seperti apa. Supaya semacam ada quota untuk Mansel tiap tahun berapa. Ini perlu mendapat perhatian dari pemerintah daerah, agar Mansel juga bisa mendapatkan kesempatan yang sama dengan daerah lain,” tegasnya.

Sebelumnya, Asisten I Setda Mansel, E.A.Pocerattu ketika melakukan pertemuan dengan Direktur IPDN Kampus Papua meminta perhatian dari IPDN agar tiap tahun anak-anak di Mansel juga memiliki kesempatan yang sama, untuk menjadi calon praja IPDN.

Sebab setiap kali dilakukan penerimaan, tidak satu pun anak-anak Mansel yang lolos dalam seleksi. “Seperti kampus ini angker sekali untuk anak-anak Mansel. Kami harap ada perhatian, agar anak-anak kami juga bisa lolos dalam seleksi,” harapnya waktu itu. (Bus/Kominfo Mansel)

Kepala Suku Hatam Wilayah I Manokwari Selatan, Bernad Mandacan.

Kepala Suku Hatam Wilayah I Manokwari Selatan, Bernad Mandacan.