SELAMAT ULANG TAHUN KABUPATEN MANOKWARI SELATAN YANG KE 5.

Praja IPDN Bedah Rumah Warga di Ransiki

Praja IPDN Regional Kampus Papua yang sedang Praktek Lapangan (PL) di Distrik Ransiki, Kamis (23/3/2017) melakukan bedah rumah di RK 2, Kampung Ransiki. Rumah yang dibedah ini milik seorang janda, yang  tidak memiliki penghasilan tetap. Namun memelihara dua orang putra. “Anaknya ada 4. Tapi hanya ada dua yang bersama dengan ibu ini,” jelas Kasad Latkap Kabupaten IPDN Kampus Papua, Michael Wutoy yang ditemui saat dilakukan benah rumah.

Selain membedah rumah, ibu ini juga diberikan bantuan alat elektronik, berupa TV plus parabola, radio serta kulkas. Disamping ada juga peralatan lain seperti kasur dan lemari pakaian. “Kami lengkapi semua,” ungkap Michael yang mengaku awalnya rumah tersebut dilakukan bedah ringan, namun melihat kondisi bangunan yang tak lagi layak, terpaksa dibedah menengah.

Michael menjelaskan, dalam PL III Satuan Nindia Praja angkatan 25 IPDN Regional Kampus Papua ini, juga melakukan beberapa program ke masyarakat.

Secara umum ada program umum dan program khusus. Untuk program umum, mereka melakukan kegiatan di bidang pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan di tingkat pemerintahan kampung dan distrik.

Sementara program khusus dibagi ke tiga tistrik yang menjadi lokasi praktek lapangan ini. Seperti di Distrik Oransbari, dilakukan program pembuatan kolam ikan. Dan direncanakan hari ini akan ditabur oleh rektor IPDN. “Pak Rektor akan berkunjung hari ini,” kata Pembantu Direktur 3 Bidang Adminstrasi Keprajaan IPDN Kampus Papua ini.

Sedangkan untuk program khusus di Distrik Momiwaren, mereka melakukan pengenalan bercocok tanah dengan teknik hidroponik. “Dan itu bisa digunakan dengan memanfaatkan bahan lokal, seperti bamboo sebagai penganti pipa paralon,” ujarnya. (Bus/Kominfo Mansel)

Rumah milik seorang janda, yang tak memiliki penghasilan dibedah oleh Praja IPDN yang saat ini melakukan Praktek Lapangan di Ransiki.

Rumah milik seorang janda, yang tak memiliki penghasilan dibedah oleh Praja IPDN yang saat ini melakukan Praktek Lapangan di Ransiki.