SELAMAT ULANG TAHUN KABUPATEN MANOKWARI SELATAN YANG KE 5.

SDM Tangguh, Kualitas dan Karakter Harus Baik

Untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang tangguh, sangat bergantung dari kualitas dan karakter manusianya. “Dua hal ini harus jadi ukuran,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Manokwari Selatan, Simson Aronggear, siang kemarin.

 Ia mengambil contoh, seorang siswa jika nilai Matematinya rendah, tetapi tertanam karakter yang baik, maka anak tersebut akan mampu mengevaluasi dirinya. Sehingga ia dapat memperbaikinya.

Lain halnya jika siswa itu pintar, tetapi karakternya buruk, maka anak tersebut bisa saja menghancurkan potensi yang ada pada dirinya.

Oleh karena itu, menurut Simson, dua aspek ini harus dipetakan secara baik. “Kalau kualitas itu berkaitan dengan indikator-indikatornya apa, karakter indikator utamanya apa. Ini harus dipetahkan. Sehingga dari sana kita bisa mulai. Untuk bagaimana mencapai SDM yang tangguh,” ungkap Simson.

Kongritnya, kata dia, dibutuhkan seorang guru yang memenuhi standar kualifikasi. Seperti Undang-undang sudah menyebutkan, harus sarjana, harus memiliki ketrampilan profesional. “Katakan dia guru bahasa Inggris, bukan hanya mengajar. Tetapi dia harus mampu mengimplementasikan. Dia harus punya sifat dedikasi, loyalitas yang tinggi. Inilah indikator dari seorang pendidik. Seorang yang mau membentuk orang menjadi orang,” ujar Simson.

Begitu juga dalam hal membentuk karakter seseorang, menurutnya, di dalam Undang-undang telah disebutkan bahwa guru itu adalah seorang pelatih, pendidik, pengajar dan pembimbing. “Sehingga dia tidak hanya memberikan pengetahuannya, tetapi dia juga membentuk karakter anak.  Dari tidak bisa menjadi bisa, dari tidak sadar menjadi sadar. Itu yang harus dilakukan. Maka perlu pemetaan,” tandasnya. (Kominfo Mansel)

 

Kepala Dinas Pendidikan Mansel, Simson Aronggear

Kepala Dinas Pendidikan Mansel, Simson Aronggear