SELAMAT ULANG TAHUN KABUPATEN MANOKWARI SELATAN YANG KE 5.

Gangguan Sistem di Pusat, e-KTP Belum Bisa Diaktifkan

Pelayanan pembuatan e-KTP terus berjalan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Manokwari Selatan.
Hanya saja untuk mengaktifkan e-KTP yang sudah dicetak, sementara belum bisa dilakukan, sebab sistem di pusat sedang mengalami gangguan.
Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Mansel, Elli Dahlia Kartika Sembor ketika ditemui usai apel gabungan, Jumat pagi di pendopo kantor bupati.
Saat ini salah satu staf bagian admin di dinas ini sedang mengikuti pelatihan ADB (Administrator Database) di kementrian terkait. Sebab sistem e-KTP sedang dilakukan peningkatan dari versi 5 ke 6. “Mudah-mudahan setelah ADB kembali dari Jakarta, sudah ada jawaban,” jelasnya.
Terkait data terbaru perekaman e-KTP, lanjut Elli, belum dilakukan rekap. Tahun lalu jumlah warga yang melakukan perekaman sebanyak 5000an labih. Diharapkan warga yang melakukan perekaman terus meningkat.
Untuk mengajak warga yang berada di distrik terluar, menurut Elli, agak susah dilakukan, meskipun sosialisasi terus dilakukan kepada perangkat distrik. Kendalanya karena di distrik masih menggunakan sistem of-line, belum on-line.
“Sekarang perekaman masih terpusat di dinas, karena kami memiliki keterbatasan alat. Meskipun sebenarnya jaringan di Distrik Oransbari dan Ransiki sudah mendukung,” kata Elli.
Kedepan akan dilakukan pembenahan, agar di dua distrik ini juga bisa melakukan perekaman. Yang perlu dipersiapkan, tambah Elli, selain peralatan, juga sumber daya manusianya (SDM). (Kominfo Mansel)

Elli Dahlia Kartika Sembor .

Elli Dahlia Kartika Sembor .