SELAMAT ULANG TAHUN KABUPATEN MANOKWARI SELATAN YANG KE 5.

Warga Diajak Periksa Kesehatan ke Puskesmas

Yayasan Mikatepmos memiliki kontrak kerja sama dengan Pemerintah Australia di bidang penanganan HIV/Aids sejak lima tahun lalu.
Direktur Yayasan Mikatepmos, Oktovianus Inden menuturkan, untuk wilayah Kabupaten Manokwari Selatan, yayasan ini baru melakukan pendampingan kepada 21 tenaga medis (bidan dan perawat) yang saat ini sedang dimagangkan di tiga puskemas di Mansel, yakni di Puskesmas Oransbari, Ransiki dan Neney.
Meskipun telah ada tenaga medis yang didampingi oleh yayasan ini, namun diharapkan kesadaran masyarakat untuk memeriksakan diri ke puskesmas-puskesmas sangat diharapkan.
“Karena ini dalam rangka meningkatkan kesehatan. Selama ini masyarakat Arfak kalau sakit, bilang itu Suanggi. Padahal tidak mau memeriksakan diri. Lebih baik memeriksakan diri. Biar tau dan mendapat pengobatan,” jelasnya.
Oktovianus mengaku upaya yang dibangun untuk memberikan penyadaran kepada masyarakat tentang bahaya HIV/Aids, dilakukan dengan cara pendekatan melalui kerja sama dengan pihak gereja dan masjid.
Ini dilakukan karena lembaga keagamaan lebih dekat dengan masyarakat yang berada di kampung-kampung.
“Mansel ini daerah yang baru di mekarkan. Pasti memiliki dampak sosial dan ekonomi. Sehingga harus dilakukan pencegahan-pencegahan. Medianya yang kami pakai adalah tempat-tempat ibadah, sehingga diharapkan masyarakat yang ada di daerah ini bisa terhindar dari penyakit HIV/Aids,” jelas putra asli Ransiki ini. (Kominfo Mansel)

Oktovianus Inden

Oktovianus Inden