SELAMAT ULANG TAHUN KABUPATEN MANOKWARI SELATAN YANG KE 5.

Ketua Komisi A : Harus Ada Pemerataan Tenaga Medis

Dinas Kesehatan Kabupaten Manokwari Selatan diminta memperhatikan penyebaran tenaga kesehatan yang ditugaskan di Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM).
Sebab telah terjadi penumpukan tenaga medis di dua PKM yang ada di Kabupaten Manokwari Selatan, yakni PKM Ransiki dan Oransbari.
Penilaian ini disampaikan oleh Ketua Komisi A DPRD Manokwari Selatan Wennie A. Ainusi ketika ditemui baru-baru ini di Bandar Udara Rendani Manokwari.
Menurutnya, seharusnya ada keseimbangan tenaga medis yang ditempatkan di distrik-distrik. Karena yang paling membutuhkan pelayanan medis adalah mereka yang saat ini berada di kampung-kampung terjauh.
“Orang yang ada di Isim, Tahota, Neney walaupun mereka sedikit, mereka sangat membutuhkan pelayanan kesehatan. Pemerintah dalam hal ini Dinas Kesehatan harus jelih melihat hal ini. Dan harus segera mendistribusikan tenaga-tenaga kesehatan ke daerah-daerah yang sangat membutuhkan,” kata Wenni.
Namun jika persoalannya adalah belum adanya pustu dan fasilitas penunjang, semisal rumah untuk para tenaga medis, Wenni mengungkapkan, sebenarnya pustu sejak masih bergabung dengan Kabupaten Manokwari sudah dibangun. Hanya saja tidak ada ketegasan dari pemerintah daerah untuk mengamankan asset-aset yang telah dibangun melalui uang rakyat tersebut.
“Ini kerugian, seharusnya bisa dikomunikasikan dengan para kepala desa (kampung), agar asset-aset pemerintah itu bisa kembali digunakan. Saya pikir niat baik untuk melakukan pelayanan kepada masyarakat, pasti akan didukung oleh masyarakat, tinggal bagaimana niat kita untuk melakukan pendekatan dan komunikasi,” tegas politisi asal PKS ini. (Kominfo Mansel)

Ketua Komisi A DPRD Mansel, Wenan Alexander Ainusi

Ketua Komisi A DPRD Mansel, Wenan Alexander Ainusi