SELAMAT ULANG TAHUN KABUPATEN MANOKWARI SELATAN YANG KE 5.

Pantai Raipawi, Akan Jadi Tempat Wisata Baru Mansel

Pemerintah Kabupaten Manokwari Selatan akan menghadirkan tempat wisata baru untuk masyarakat Manokwari Selatan dan sekitarnya.
Pantai Raipawi yang berada di Kampung Abreso, Distrik Ransiki digadang-kadang menjadi tempat wisata baru itu. Selain memiliki pantai yang indah, lokasinya pun tidak jauh dari pusat kota Ransiki, sehingga diyakini dapat menarik pengunjung.
Manokwari Selatan memiliki beberapa tempat wisata alam yang mulai banyak dikunjungi. Sebut saja Gunung Botak (Distrik Momiwaren) dan Air Terjun Neney (Distrik Neney). Setiap hari libur dua tempat wisata ini tidak pernah sepi pengunjung.
Dengan rencana dibangunnya Raipawi Center di Pantai Raipawi, secara otomatis akan menambah tempat rekreasi baru. Sehingga masyarakat nantinya memiliki banyak pilihan untuk berekreasi.
Bukti keseriusan akan dibangunnya tempat wisata baru, ditunjukkan Bupati Manokwari Selatan Markus Waran dengan mendatangi Pantai Raipawi, Rabu 10 Mei 2017, dengan memboyong hampir seluruh pimpinan SKPD dan beberapa kepala bidang. Hadir pula Ketua DPRD Mansel, Essau M Ahoren.
Saat mengunjungi pantai Raipawi, bupati langsung memerintahkan pimpinan SKPD terkait, dalam hal ini Dinas Pariwisata, PU, Dinas Perumahan dan Tata Kota, Bappeda, untuk segera mempersiapkan lokasi wisata ini.
Pantai berhamparan batuan kerikil halus ini tidak memiliki riwayat abrasi. Menariknya, di pantai ini tidak memiliki ombak yang besar, sehingga pengunjung dapat menikmati sunset (matahari terbenang) dengan tenang.
Pantai Raipawi saat ini termasuk daerah yang tidak banyak dikunjungi. Aktivitas masyarakat di pantai ini biasa-biasa saja. Hanya saja masyarakat nelayan yang sepulang dari melaut yang tak henti beraktivitas di lokasi ini.
Tempat ini menyimpan sejarah masalah lalu. Saat kejayaan perusahaan kakao PT. Cokran Ransiki, dua dermaga di pantai ini cukup sibuk. Karena menjadi tempat merapatnya kapal motor penumpang dan kapal nelayan antar daerah.
Kepala Dinas Perumahan dan Tata Kota Mansel, Yakobus Harewan pernah mengatakan, akan di hadirnya tempat wisata baru ini, karena di daerah ini belum memiliki tempat nyaman untuk bersantai.
“Kami akan tata pantai Ransiki, mulai dari jembatan putus sampai jembatan cokran. Ya kaya-kaya Pantai Losari,” ungkap Yakobus saat itu.
Lokasi yang dipersiapkan ini menurutnya, cukup luas. Di tempat ini akan dilengkapi dengan tempat kuliner, untuk melengkapi kebutuhan para pengunjung. “Tidak dalam bentuk talud, tapi akan kami pasang paving block,” ujar Yakobus.
Berharap dengan penataan ini, semakin menjadikan Kabupaten Manokwari Selatan menjadi cantik dan makin banyak yang mengunjungi daerah ini. (Kominfo Mansel)

Bupati Mansel Markus Waran meninjau Pantai Raipawi yang akan ditata menjadi tempat wisata baru di Ransiki.

Bupati Mansel Markus Waran meninjau Pantai Raipawi yang akan ditata menjadi tempat wisata baru di Ransiki.