SELAMAT ULANG TAHUN KABUPATEN MANOKWARI SELATAN YANG KE 5.

Lewat Perdasus, Seluruh Warga Papua Barat Bisa Tercover BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan dengan dinas terkait bersama Dirjen Otda sudah membentuk tim perumus Otsus bidang kesehatan.
Tim Perumus ini akan bekerja hingga bulan Agustus mendatang, untuk menyusun Perdasus terkait penggunaan Dana Otsus untuk kesehatan.
“Perdasus ini setelah jadi, nanti provinsi dia harus subsidi ke kabupaten/kota yang APBD-nya terbatas,” ungkap Staf Unit Kepatuhan Kantor Wilayah BPJS Manokwari, Tonny Adrian Kraake, kemarin.
Dengan subsidi ini, maka seluruh masyarakat Papua Barat bisa mendapatkan layanan kesehatan, tanpa membayar. Sebab sudah dicover oleh Otsus. “Saat ini dari 12 kabupaten/1 kota sudah terintegrasi dengan BPJS, kecuali Pengunungan Arfak,” jelasnya.
Dengan adanya bantuan lewat Otsus, maka dipastikan tidak ada lagi pendaftar mandiri, karena semua telah ditanggung oleh pemerintah daerah lewat Otsus.
Terkait belum terintegrasinya Pegunungan Arfak dalam BPJS Kesehatan, menurut Tonny, sejauh ini sudah dilakukan advokasi, pendekatan kepada pemerintah daerah pun sudah dilakukan, tetapi belum ada sinyal baik.
“Padahal program ini wajib. Pemda punya kewajiban untuk melindungi warganya, sehinggaa harus segera mendaftarkan warganya, seperti kabupaten lainnya. Kami juga sudah meminta DPR PB untuk membantu mendorong hal ini,” jelasnya. (Kominfo Mansel)

Sosialisasi terpadu terkait BPJS Kesehatan di Mansel

Sosialisasi terpadu terkait BPJS Kesehatan di Mansel