SELAMAT ULANG TAHUN KABUPATEN MANOKWARI SELATAN YANG KE 5.

Peminat Sosialisasi BPJS Kesehatan di Mansel Minim

BPJS Kesehatan melakukan sosialisasi Terpadu kepada pemberi kerja pada BUMN, BUMD dan badan usaha swasta yang ada di Manokwari Selatan, Selasa (16/5/2017) di kantor bupati Mansel.
Kurang lebih 200 perusahaan diundang dalam sosialisasi ini. Namun yang hadir tidak lebih dari separuh. BPJS sendiri menggunakan data yang dihimpun dari Badan Penanaman Modal Kabupaten Mansel. Meskipun data itu pun belum sinkron dengan data Disnaker Kabupaten Mansel.
Staf Unit Kepatuhan Kantor Wilayah BPJS Manokwari, Tonny Adrian Kraake ketika ditemui mengatakan, adanya sosialisasi ini, diharapkan dapat dilakukan rekonsiliasi data, supaya sinkron.
“Kenapa harus sinkron, supaya pemberi kerja yang mendaftarkan diri ke Penanaman Modal, tidak hanya sekedar karena kepentingan proyek, lalu mereka daftar untuk mendapatkan ijin. Tapi kemudian, yang menjadi korban adalah pekerja. Misalnya terjadi kecelakaan kerja, siapa yang harus tanggungjawab,” kata Tonny usai melakukan sosialisasi.
Sasaran sosialisasi ini, lanjut Tonny, diharapkan ada edukasi secara masif kepada pengusaha, supaya mereka juga dapat memahami, bahwa ada konsekwensi hukum (sanksi pidana dan sanksi administrasi) yang diatur, bahkan menurut dia, dengan tidak mendaftarkan pekerja sebagai peserta BPJS Kesehatan, pengusaha tersebut dapat didenda Rp 1 miliar.
BPJS sendiri akan memberikan rekomendasi kepada Badan Penanaman Modal, sesuai Momerandum Of Undestanding (MoU) yang akan dibuat dalam waktu dekat. Ini dalam rangka menindaklanjuti ketidak patuhan perusahaan terhadap pekerjanya.
“Kalau mereka tidak patuh, langkah selanjutnya dilakukan oleh Badan Penanaman Modal.Mau diapakan, mau di bina atau dicabut ijinnya, itu kewenangan dari Badan Penanaman Modal,” jelas Tonny.
Terkait iuran dan tidak mendaftar, langkah yang diambil BPJS, melakukan kerja sama dengan pengacara negara dalam hal ini Kejaksaan Negeri Manokwari, untuk mengambil langkah hukum terhadap perusahaan-perusahaan yang tidak mendaftar dan membayar iuran. (Kominfo Mansel)

Peserta Sosialisasi Terpadu Program BPJS Kesehatan kepada pemberi kerja, BUMN, BUMD dan badan usaha swasta di Kabupaten Manokwari Selatan.

Peserta Sosialisasi Terpadu Program BPJS Kesehatan kepada pemberi kerja, BUMN, BUMD dan badan usaha swasta di Kabupaten Manokwari Selatan.