SELAMAT ULANG TAHUN KABUPATEN MANOKWARI SELATAN YANG KE 5.

BPKP-NKRI Melapor ke Pemda

RANSIKI– Badan Pemantau Korupsi Penyelenggara Negara (BPKP) NKRI, Rabu (7/6/2017) bertandang ke ibukota Kabupaten Manokwari Selatan di Ransiki. Kehadiran pengurus dan anggota BPKP NKRI ke daerah ini, dalam rangka melakukan tatap muka dengan pimpinan daerah.

Wakil Dewan Pengurus Cabang BPKP NKRI Manokwari Selatan, Yulius Wanma yang ditemui pers mengatakan, kehadiran mereka dalam rangka melapor diri. Yang selanjutnya badan ini akan memiliki perwakilan di Kabupaten Manokwari Selatan.

Dijelaskan Yulius, badan ini telah dibentuk awal Januari 2017 di ibukota Papua Barat, dengan sebutan Dewan Pengurus Wilayah (DPW). Untuk kabupaten/kota di Papua Barat sudah dilakukan perekrutan tenaga pemantau. Tersisa Kabupaten Teluk Bintuni yang belum dilakukan perekrutan. “Karena perekrutan tenaga BPKP NKRI melalui on-line. Kita mendaftar ke DPP via on-line,” ungkap Yulius.

Lanjut Yulius, dalam prekrutan ini setiap kabupaten (DPC) diterima 20 tenaga.  Sistemnya yakni kontrak dalam jangka waktu lima tahun. “Ini semacam ICW, tapi dia (BPKP-NKRI) dua tingkat di atas ICW. Ini badan,” katanya.

Merurutnya, lembaga ini sifatnya hanya memantau dan membina. Yang akan dipantau yakni terkait dana desa, dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah), penyelenggara Negara yang menggunakan APBN dan kinerja SKPD. “Itu yang kita pantau, dan sifatnya pembinaan,” aku Yulius.

Dalam sistem pelaporan, nanti hasil pemantauan DPC di lapangan, akan laporkan ke DPW untuk selanjutnya dilaporkan ke DPP. Nanti akan disingkronkan dengan KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi). “Kalau ada indikasi, nanti KPK yang  eksekusi,” katanya.

Selain terkait korupsi, layanan publik lainnya juga menjadi pemantauan lembaga ini.  Misalnya pungli (pungutan liar). Dengan kehadiran lembaga ini di Mansel, diharapkan tidak ada praktek-praktek yang mencederai aturan yang sudah ditentukan. “Kita hari ini lapor diri, nanti akan kita bentuk sekretariat di Mansel. Sekitar bulan depan kita audensi dengan Pemda Mansel,” tukasnya. (Kominfo Mansel)

Wakil Dewan Pengurus Cabang BPKP NKRI Manokwari Selatan, Yulius Wanma