SELAMAT ULANG TAHUN KABUPATEN MANOKWARI SELATAN YANG KE 5.

Wempi : Sekolah Harus Punya Profil

RANSIKI– Setiap sekolah di Kabupaten Manokwari Selatah dituntut memiliki profil sekolah. Profil harus diserahkan ke Dinas Pendidikan dan Olahraga, untuk dijadikan acuan bagi kepala daerah untuk menetapkan kebijakan dalam pengembangan pendidikan. Penegasakan ini disampaikan Wakil Bupati Manokwari Selatan Wempi Welly Rengkung ketika melakukan tatap muka dengan para kepala sekolah PAUD, TK, SMP dan SMA/SMK, Rabu (5/7/2017) di aula kantor bupati.

Menurut Wempi, sejauh ini Dinas Pendidikan dan Olahraga Manokwari Selatan telah berjalan. Namun yang ada, masih dihadapkan pada tantangan-tantangan. Seperti untuk daerah-daerah yang sulit dijangkau, sangat sulit untuk diketahui  apakah proses belajar berjalan atau tidak. “Nanti ada masyarakat di sekitar daerah terisolasi itu menyampaikan kepada kami, bahwa proses belajar ini tidak berjalan lancar, baru diketahui. Kadang murid tidak ada gurunya, halaman sekolah sudah ditutup dengan rumput yang hampir sama tinggi dengan gedung. Nah ini tanggung jawab siapa, ya kepala sekolah,” kata Wempi.

Selain itu, ada juga kepala sekolah yang sudah pindah, tetapi statusnya tidak jelas. Untuk ini tegas Wempi, dibutuhkan perbaikan-perbaikan, dan perlu perhatian serius, sehingga kedepan semua sekolah harus memiliki kepala sekolah. “Jumlah guru akan kita ketahui. Jika kurang tenaga guru, kita harus komit menambah, walaupun itu tenaga kontrak,” kata Wempi yang didampingi Plt Sekda Mansel, E.A Pocerattu dan Kepala Dinas Pendidikan Simson Aronggear.

Bagi daerah yang jauh, sebut Wempi, biasanya ada guru yang tidak suka. Solusinya, pemda akan memberikan tunjangan terhadap guru yang kekerja di daerah terpencil, baik itu tenaga guru ASN maupun honor. “Honor guru ya, buka tenaga honor yang sekarang ini bapak/ibu lihat. Segitu banyaknya, ada 1.853 ditambah 967. Ya hitung-hitung sendiri, segitu banyak. Tapi guru sampai hari ini saya tidak bisa tau. Lewat pertemuan ini barangkali kita bisa ketahui secara jelas, lewat laporan data profil secara berjenjang kita akan ketahui, berapa guru tenaga kontrak yang diperbantukan di setiap sekolah,” ujar Wempi. (Kominfo Mansel)

Wakil Bupati Wempi Welly Rengkung didampingi Plt Sekda E.A Pocerattu dan Kadis Pendidikan dan Olahraga Simson Arongger ketika melakukan tatap muka dengan para kepala sekolah di Mansel.