SELAMAT ULANG TAHUN KABUPATEN MANOKWARI SELATAN YANG KE 5.

Joppye Janji Basmi Miras dari Papua Barat

Ransiki– Pangdam XVlll Kasuari Mayjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau menegaskan, dirinya akan perangi minuman keras. “Saya sudah bilang ke gubernur, kapolda, saya tabrak siapa saja yang menjual minuman keras di daerah ini. Saya tidak peduli. Yang pertama saya pangdam, yang kedua saya anak adat,” ujar Pangdam dihadapan bupati, wakil bupati, ketua DPRD Mansel, ketika melakukan pertemuan di Koramil Ransiki, Jumat pekan lalu.

Joppye mengatakan, alasan yang muncul, karena menjual miras untuk memenuhi kebutuhan anak sekolah, dibantah keras olehnya. “Keluarga saya banyak. Waktu itu bapak saya sering bertentangan dengan adik-kakaknya. Karena bapak saya larang potong saguer. Mereka bilang baru ko larang tong potong saguer, baru nanti ko yang bayar tong punya anak-anak sekolah. Itu saya dengan waktu kecil. Tapi saya ingin kasih tau, sampai hari ini keluarga saya yang katanya potong saguer untuk bayar anak sekolah, satu pun  yang tidak ada sekolah setinggi saya. Dan mungkin cuma tamat  SMA saja,” jelas Joppye.

Alasan ia akan memerangi miras, karena akar persoalan selalu berawal dari miras. Kejahatan yang selalu terjadi di Manokwari dan Sorong, semua diketahui berasal dari miras. “Kenapa barang ini masih lancar kemana-kemari. Sebagai anak adat, saya terpanggil untuk perangi ini. Jadi yang potong-potong sopi, kam tunggu saja, nanti saya datang bakar kam punya tempat,” tegas Joppye. “Saya sudah janji itu, karena ini merugikan dan menghancurkan masa depan anak-anak. Saya yakin banyak orang yang tidak suka sama saya. Tapi itu ko punya urusan. Sekarang saya mainkan urusan saya,” sambungnya. (Kominfo Mansel)

Pangdam XVlll Kasuari Mayjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau