SELAMAT ULANG TAHUN KABUPATEN MANOKWARI SELATAN YANG KE 5.

Sekolah Penerbangan Siap Bina Putra/I Asli Papua

Oransbari- Tahun ini Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curuk memberikan kesempatan kepada putra-putri asli Papua untuk menimbah ilmu di sekolah tinggi itu. Quota yang disiapkan untuk Papua dan Papua Barat adalah 12 siswa.

“Ini sepenuhnya akan dibiayai lewat APBN. Papua Barat dapat enam, Papua enam. Jadi kita akan berkoordinasi dengan bapak gubernur. Nanti dinas perhubungan yang melakukan perekrutan,” kata bupati Mansel Markus Waran, Senin (31/7/2017).

Kriteria siswa yang akan diterima, adalah benar-benar putra/i asli Papua, bukan pranakan. “Ini penekanan dari pihak kementrian. Jadi bagi siswa di kabupaten/kota yang ingin mengikuti seleksi, maka harus mendapatkan rekomendasi dari bupati masing-masing. Karena setelah lulus, akan langsung di asramakan dan dibiayai oleh negara,” katanya.

Lanjut bupati, seleksi akan berlangsung di ibukota provinsi di Manokwari. Tim dari STPI Curuk dan Bayuwangi akan datang ke Papua Barat untuk melakukan seleksi.

Sejauh ini dari Papua Barat sudah ada yang menjadi instruktur di STPI Curuk, tetapi merupakan anak pranakan (bapak Fakfak, mama Buton). (Kominfo Mansel)

Bupati Markus Waran