SELAMAT ULANG TAHUN KABUPATEN MANOKWARI SELATAN YANG KE 5.

Bupati dan Wabup Mansel Tamu Kehormatan di TIFF 2017

Tomohon– Tomohon Internasional Flower Festival (TIFF) 2017 resmi dibuka, Senin
(7/8/2017) malam, di Kota Bunga Tomohon, Sulawesi Utara. Menariknya dalam festival ini Bupati dan Wakil Bupati Manokwari Selatan (Markus Waran-Wempi Welly Rengkung) yang didampingi istri masing-masing menjadi tamu kehormatan dalam ajang satu tahunan ini.

“Pulang kampung ya pak,” kata pembawa acara menyapa Wempie Welly Rengkung dalam malam pembukaan ini. Kebanggaan pula hadir Putri Pariwisata Indonesia tahun 2016 Lois Merry Tangel. Ia pernah menjadi putri Tomohon 2013. Turis mancanegara pun banyak yang hadir. Sebelum rangkaian kegiatan TIFF 2017 dibuka, diawali dengan pentas seni budaya Tomohon.

Ketua Panitia Kegiatan Erden Siliw mengatakan, tujuan TIFF adalah untuk mengembangkan semua potensi pariwisata, perdagangan investasi dan kultur budaya Tomohon dan daerah-daerah di Indonesia. Selain itu untuk menjaling kerja sama yg saling menguntungkan antar provinsi,kabupaten/kota,instansi swasta,BUMN/BUMD dibidang pariwisata,perdagangan,investasi floricultura.

Selain itu untuk meningkatkan daya beli masyarakat,sehingga mengakselerasi roda perputaran ekonomi yang pada akhirnya menuju peningkatan pendapatan ekonomi masyarakat.

Kegiatan ini akan berlangsung 7-12 Agustus,di halaman rindam. Materi kegiatan panggung hiburan,lomba cipta menu,lomba paduan suara antar denominasi dan wahana permainan anak.

Walikota Tomohon Jimmy F Eman mengatakan, kemarin siang telah berlangsung kegiatan pemecah rekor muri dunia, yakni Nasi Jaha terpanjang, hingga 13 km. “Kita dapat muri dunia. Sebelumnya ada di Ternate,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, visi pemerintah dan masyarakat ingin membawa Tomohon menjadi salah satu kota destinasi pariwisata internasional. Dan menjadi suatu kebanggaan,karena pariwisata menjadi menarik dan bisa diolah dan dikerjakan.

Tomohon Internasional Flower Festival sudah 7 kali digelar. Kegiatan ini dipandang perlu,untuk mengajak investasi dari masing-masing daerah yang dipamerkan dalam pameran yang akan berjalan 7 hari.

“Dalam pameran bisa saling mengenalkan produk,saling perkenalkan produk unggulan. Seperti tadi saya bercakap dengan pak bupati dan wakil bupati Manokwari Selatan,mereka akan membawa contoh Anggrek unggulan yg ada di daerah itu,” kata Walikota yang dilantik 17 Februari 2016.

Ajang ini menurutnya, juga selain bertukar pikiran,bisa menjadi ajang bisnis produk unggulan. Setelah membuka resmi acara tersebut, Walikota Tomohon Jimmy F Eman dan Bupati Manokwari Selatan Markus Waran saling bertukar cenderamata. (Kominfo Mansel)

Walikota Tomohon Jimmy F Eman memukul tambur tanda dibukanya TIFF 2017 di halaman Rindam Tomohon.