SELAMAT ULANG TAHUN KABUPATEN MANOKWARI SELATAN YANG KE 5.

TIFF 2017 : Stand Mansel Ramai Pengunjung

Tomohon– Stand pameran Kabupaten Manokwari Selatan dalam iven Tomohon Internasional Flower Festival (TIFF) 2017 banyak mendapat perhatian pengunjung. 

Satu-satunya stand asal tanah Papua yang hadir dalam pameran itu, menjadi daya tarik tersendiri. Pengunjung selain mampir untuk melihat-lihat potensi wisata dan kerajinan tangan asli Mansel, mereka ada juga yang tertarik membeli. Bahkan duta wisata Mansel  menjadi sasaran berfoto (selfie) para pengunjung yang mengunjungi stand ini.

“Banyak yang mau beli hasil kerajinan yang kami siapkan. Tapi ada yang belum bisa kami jual, karena stok yang kami bawah terbatas, tapi bagi yang mau beli nanti bisa datang di akhir-akhir pameran, karena pameran berlangasung sampai tanggal 12 Agustus,” kata Remus Mandowen, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Manokwari Selatan ketika ditemui di stand pameran.

Kabupaten Manokwari Selatan hadir di kota bunga dengan kondisi keterbatasan. Maklum baru pertama kali mengikuti agenda tahunan Pemkot Tomohon ini.

Kehadiran Pemkab Mansel dalam iven internasional ini atas undangan dari Walikota Tomohon. Atas perintah Bupati dan Wakil Bupati Mansel, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan  setempat langsung mempersiapkan bahan dan materi untuk mengikuti pameran ini.

Selain membawa duta wisata asal Mansel, Imanuel Rumasep dan Jein. Stand Mansel juga memamerkan potensi wisata, juga cendramata hasil kerajinan tangan asli Mansel. Foto-foto bunga unggulan seperti Bunga Anggrek Belan, Anggrek Hitam dan Anggrek Tanah. Ada juga buah merah.

Remus berharap ditahun-tahun mendatang, dengan telag mengikuti pameran TIFF ini,  pihaknya akan lebih siap mengikuti iven berikutnya. Pengalaman ini dianggap sebagai materi awal untuk bagaimana Manokwari Selatan selain mengikuti pameran di luar daerah, juga bisa membuat pameran sendiri.

“Pameran bunga di Mansel juga bisa digelar. Ini untuk mengajak masyarakat mencintai bunga. Sehingga banyak warga yang menanam bunga,” harapnya.

Setelah kembali ke Mansel, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan akan menggelar lomba tanam Bunga Mawar. Penilaian lomba ini akan digelar pada 22 Desember atau bertepatan dengan “Hari Ibu”.

Pengumuman akan diumumkan Agustus ini, sehingga ada jedah waktu tiga bulan untuk bunga ini berbunga. Dalam lomba ini akan melibatkan semua warga di enam distrik. (Kominfo Mansel)

Walikota Tomohon, Bupati dan Wakil Bupati Mansel didampingi istri berfoto bersama Putri Pariwisata Indonesia tahun 2016 Lois Merry Tangel di stand pameran Kabupaten Mansel