SELAMAT ULANG TAHUN KABUPATEN MANOKWARI SELATAN YANG KE 5.

Pertunjukkan Tari Ular Ramaikan HUT-RI di Mansel

Ransiki- Ratusan warga menyaksikan perlombaan tari ular (tarian tumbuk tanah) di halaman kantor bupati, Kabupaten Manokwari Selatan, Jumat (11/8/2017) sore.

Perhelatan seni budaya asal suku Arfak ini menghadirkan delapan grub tari dari delapan sanggar. Perlombaan dalam rangka menyemarakkan HUT-RI ke 72 ini dibuka langsung oleh Bupati Mansel, Markus Waran.

Hadirpula sejumlah pejabat lainnya, seperti Plt Sekda Mansel E.A Pocerattu, Ketua Panitia yang juga adalah Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Ellia Kartika Sembor. Dari unsur kepolisian hadir Kapolsek Ransiki Ipda I. Wayan Tambun.

Selain tarian ini menghibur penonton yang memadati pendopo kantor bupati, ada satu grub tari yang sempat menghipnotis penonton yang hadir. Dia adalah grub tari binaan Dinas Pertanian Kabupaten Mansel. Dalam pertunjukkannya, mereka menceritakan kebiasaan yang sudah saatnya ditinggalkan oleh suku Arfak.

“Kenapa saya mau ini divideo-kan, supaya setiap saya ke kampung, saya mau kasih lihat, bahwa yang seperti ini sudah harus ditinggal. Kita juga mau maju bersama dengan daerah-daerah lain yang sudah maju,” ucap bupati ketika menyampaikan arahan disela-sela perlombaan.

Delapan grub tari yang mengikuti perlombaan ini, di antaranya, dari SMK YPK Lacharoy Ransiki, Kampung Hamawi, Badan Kesbangpol, Dinas Pertanian, Ahoren, Nuwey Ginnya, Hamor dan SMA Negeri 1 Ransiki. (Kominfo Mansel)

Bupati Markus Waran bersama Istri, Plt Sekda Mansel E.A Pocerattu berbaur dalam tarian tumbuk tanah, usai perlombaan.