SELAMAT ULANG TAHUN KABUPATEN MANOKWARI SELATAN YANG KE 5.

Bupati : Ikut Iven Diluar, Mansel Akan Dikenal

RANSIKI- Alasan Kabupaten Manokwari Selatan diperkenalkan di TIFF (Tomohon Internasional Flowes Festival) 2017, karena daerah ini juga ingin dikenal secara nasional, bahkan mancanegara. “Karena kabupaten ini baru dimekarkan kurang lebih 4 tahun sebagai daerah otonom baru, dengan keikut sertaan di iven-iven tersebut, maka secara tidak langsung akan mulai dikenal di tingkat Nasional maupun internasional,” kata bupati, Sabtu (12/8/2017) di pendopo kantor bupati.

Sebelumnya, Asisten III Setda Mansel, Hengky V Tewu mengungkapkan, ada beberapa kabupaten yang menanyakan bagaimana Kabupaten Manokwari Selatan bisa terlibat dalam iven TIFF.

“Kita tentu melakukan komunikasi dengan panitia lokal. Kita menyampaikan ide. Karena memang Mansel mencari iven-iven di luar, yang tentunya sesuai dengan rencana pengembangan Mansel kedepan,” ungkap Hengky di Tomohon, beberapa waktu lalu.

Dengan mengikuti kegiatan yang melibatkan masyarakat internasional itu, Mansel ingin belajar mengorganisir diri, sebagaimana menyiapkan diri, menyiapkan anggaran, personil, kemudian terlibat.

“Karena TIFF ini sudah menjadi agenda nasional, kehadiran Mansel yang ingin mengenalkan pariwisatanya, merasa perlu untuk hadir,” kata mantan Kadis Kesehatan Mansel.

Dengan mengikuti kegiatan tersebut,  float Mansel ternyata mampu bersanding dengan daerah-daerah yang lebih maju. Ini merupakan proses awal yang menurut Hengky sangat baik. “Ternyata kita juga bisa,” imbuhnya.

“Kalau kita tidak pernah keluar. Setelah kita keluar lalu kita yang paling hebat, kan tidak begitu. Harus dari awal, kita ikut ini juga proses awal. Kita juga tidak gembor-gemborkan bahwa kita paling hebat. Tapi ditengah keterbatasan, kita sudah bisa keluar,” tuturnya menambah. Namun kedepan Mansel tetap selektif memilih iven-iven, karena begitu banyak iven yang digelar di luar daerah. Sebab, Mansel juga memiliki keterbatasan dalam anggaran. (Kominfo Mansel)

Bupati Markus Waran