DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA YANG KE-72, 17 AGUSTUS 2017, JAYALAH INDONESIAKU

Wabup Mansel Pasang Api Obor Peserta Taptu

RANSIKI– Ratusan warga dari berbagai elemen mengikuti tradisi Taptu, Rabu (16/8/2017) malam. Upacara Taptu yang diikuti personel TNI-Polri, instansi pemerintah, BUMN, pelajar dari berbagai sekolah di Ransiki dan sekitarnya ini dilaksanakan di pendopo kantor bupati atau lapangan Garuda Ransiki.

Tradisi Taptu yang merupakan pawai berjalan kaki dengan membawa alat penerangan obor ini dimulai pukul 19.00 WIT. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan dalam rangka menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia.

Pawai diawali dengan pemasangan api obor secara simbolis oleh Wakil Bupati Mansel Wempi Welly Rengkung, selaku Inspektur Upacara kepada perwakilan peserta. Sementara pemimpin upacara adalah Brigpol Franowijaya Lesubun.

Setelah api obor peserta seluruhnya menyala, dilakukan pelepasan pawai oleh Wabup yang diikuti, sejumlah anggota DPRD, Danramil Ransiki, serta sejumlah pimpinan SKPD.

Selain untuk menanamkan rasa cinta kepada tanah air, pawai ini juga bertujuan untuk mengenang kembali perjuangan para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Rute yang ditempuh para peserta kali ini adalah start dari Pendopo Kantor Bupati, belok kanan masuk di pertigaan menuju RK II, belok kini masuk menuju arah Kamapung Bobrey, belok kiri menuju Polsek Ransiki, putar kanan menuju Pasar Kenangan, dan kembali finish di Pendopo Kantor Bupati.

Hadir dalam upacara ini Bupati Mansel, Markus Waran, Plt Sekda E.A Pocerattu, para kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Perwira Penghubung dari Polda Papua Barat AKBD Yohanes Panyua, serta segenap undangan lainnya. (Kominfo Mansel)

Wakil Bupati Mansel Wempi Welly Rengkung membakar api obor peserta taptu.