SELAMAT ULANG TAHUN KABUPATEN MANOKWARI SELATAN YANG KE 5.

Bupati Buka Kampung Nelayan Ransiki

RANSIKI– Pemerintah Kabupaten Manokwari Selatan membuka perkampungan nelayan di Kampung Abreso, Distrik Ransiki, Selasa (15/8/2017).

Bupati Mansel Markus Waran yang juga adalah anak adat melakukan proses pemotongan kepala Babi, sebagai ritual tanda dimulainya pembukaan kompleks nelayan. Yang disaksikan pemilik hak ulayat setempat.

Plt Sekda Mansel, E.A Pocerattu mengatakan, setelah dibukanya kompleks nelayan oleh bupati, selanjutnya akan mulai dibersihkan untuk dilakukan pembangunan. Tahun ini akan dilakukan pembangunan 30 unit rumah yang khusus diberikan kepada para nelayan.

 “Selain perumahan, ada juga jalan melingkar, jalan ini akan dibangun mengelilingi kampung nelayan,” kata Pocerattu.

Tidak jauh dari kompleks nelayan sudah berdiri Pasar Ikan Raipawi yang akan digunakan untuk proses pelelangan ikan. Pembangunan pasar ikan ini dibangun  oleh Pemerintah Provinsi Papua Barat tahun lalu.

“Bupati berharap, dengan dibangunnya kompleks nelayan, dengan sendirinya yang lain akan berkembang,” kata mantan Kadistrik Ransiki ini.

Beberapa waktu lalu, Plt Kepala Dinas Perumahan dan Tata Kota Mansel, Yakobus Harewan mengatakan, pembangunan perumahan di kompleks nelayan akan diberikan kepada yang benar-benar nelayan yang berdomisili di sekitar pantai Raipawi.

“Nanti akan kami verifikasi, cek KTP mereka. Awalnya kami bangun 30 dulu, sesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah. Kedepan kita akan bangun lagi,” kata mantan Kadis PU Mansel. (Kominfo Mansel)