DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA YANG KE-72, 17 AGUSTUS 2017, JAYALAH INDONESIAKU

LKPJ Bupati Mansel Disetujui

Oransbari– Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Manokwari Selatan tahun 2016 sudah mendapatkan persetujuan dari DPRD Kabupaten Manokwari Selatan. Persetujuan ini disampaikan dalam rapat paripurna DPRD, Selasa (5/9/2017) malam.

Laporan LKPJ merupakan kewajiban konstitusional sebagai mana diatur dalam ketentuan pasal 298 permendagri Nomor 13 tahun 2016 tentang pengelolaan keuangan daerah. Dimana kepada daerah berkewajiban menyampaikan laporan pelaksanaan anggaran dan pendapatan daerah tahun 2016.

Dalam sambutannya, Bupati Markus Waran menjelaskan, bahwa  keberhasilan pembangunan daerah sangat ditentukan oleh banyak faktor, antara lain potensi daerah, kapasitas keuangan daerah, birokrasi, pertumbuhan investasi swasta, kapasitas masyarakat, kondusifitas keamanan dan ketertiban serta pendayagunaan teknologi.

Secara agregat, indikator yang menunjukkan kompilasi hasil pembangunan adalah peningkatan kontribusi sektor unggulan daerah, angka pertumbuhan ekonomi, laju inflasi, tingkat kemiskinan dan tingkat pengangguran.

Disamping itu keberhasilan pembangunan juga sangat ditentukan oleh bersinerginya peran dari perintah daerah dan DPRD Kabupaten Manokwari Selatan.

“Sebagaimana diketahui, bahwa Kabupaten Manokwari Selatan baru berumur 5 tahun dan masa kepemimpinan bupati dan wakil bupati definitif  baru berada pada tahun kedua, namun pemerintah daerah sudah berupaya dengan sungguh-sungguh menjalankan roda pemerintahan sesuai visi misi yang sudah ditetapkan dalam RPJMD,” kata bupati.

Lanjut bupati menjelaskan, LKPJ tentang pelaksanaan APBD tahun 2016 sebagaimana sudah dijelaskan pada pembukaan sidang paripurna II tahun 2017, untuk kedua kalinya berhasil mempertahankan opini wajar dengan pengecualian, namun disadari, bahwa dalam pelaksanaan tugas-tugas pemerintah, pembangunan dan pemerintahan masih terdapat kekurangan dan belum sepenuhnya dapat menjawab aspirasi semua pihak. “Juga masih ada catatan-catatan yang perlu mendapat perhatian dari pimpinan SKPD terutama berkaitan dengan temuan-temuan dalam proses audit,” ungkap bupati.

Kepada pimpinan dan anggota DPRD, bupati memohon maaf atas ketebatasan, sarana dan prasarana, serta adannya dinamika dan perkembangan tuntatan kebutuhan pelayanan masyarakat. Namun demikian, kata bupati, perlu juga bersyukur, karena Kabupaten Manokwari Selatan masih dapat melaksanakan seluruh agenda penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan pembinaan masyarakat dalam situasi yang kondusif. (Diskominfo Mansel)

Penyerahan LKPJ Bupati tahun 2016 dari Ketua DPRD Essau M Ahoren kepada Bupati Markus Waran dalam sidang paripurna.